https://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/issue/feedJPB : Jurnal Patria Bahari2025-05-27T00:00:00+00:00Ryan Puby Sumartarps55982@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Patria Bahari (JPB)</strong> <span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0">is a scientific journal that publishes research results or scientific articles in the maritime field which includes research in the fields of nautical, ship engineering and marine transportation management and related issues in the maritime field.</span></span></p> <p>Jurnal Patria Bahari Published by Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pelayaran Sorong.</p>https://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/180EVALUASI TEKNIS DAN MANAJERIAL SISTEM FRESH WATER GENERATOR SEBAGAI PENUNJANG OPERASIONAL KAPAL NIAGA2025-05-21T01:14:29+00:00Julio Levinsky Bumbunganpe4at@dcpa.netCarles Yerid Absalom Nallecharlesnalle@gmail.comFilemon Filemonfilemontarigan@gmail.comRyan Puby Sumartarps55982@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab penurunan performa sistem <em>Fresh Water Generator</em> (FWG) di kapal niaga serta merumuskan strategi pemeliharaan yang efektif. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung dan wawancara dengan kru mesin selama pelayaran. Hasil menunjukkan bahwa penurunan kinerja FWG disebabkan oleh pembentukan kerak pada evaporator, kebocoran sistem kevakuman, serta gangguan pada pompa dan kondensor. Selain itu, lemahnya implementasi perawatan rutin, ketidakteraturan dokumentasi log operasional, dan kurangnya pelatihan teknis menjadi penyumbang utama terhadap kegagalan sistem. Kondisi ini berdampak pada peningkatan salinitas air, efisiensi energi yang menurun, serta tingginya biaya operasional akibat ketergantungan pada pasokan air pelabuhan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan sistem pemeliharaan terstruktur, peningkatan kapasitas SDM, serta pengawasan teknis yang konsisten sangat diperlukan untuk menjamin keandalan FWG dalam mendukung keberlangsungan operasional kapal.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Baharihttps://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/181EVALUASI PENERAPAN INTERNATIONAL SHIP AND PORT FACILITY SECURITY (ISPS) CODE DI PELABUHAN CIREBON2025-05-21T02:54:07+00:00Agim Satria Pratamabistemakni@gufum.comOktovianus Cristian Karubabakodim.karubaba@gmail.comLilik Yulianingsihlilikyulia05@gmail.comMuhammad Idrisidris.muh2626@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan <em>International Ship and Port Facility Security</em> (ISPS) <em>Code</em> di Pelabuhan Cirebon, dengan meninjau aspek organisasi keamanan, pelaksanaan prosedur operasional, serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap aktivitas keamanan di lingkungan pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur organisasi keamanan telah dibentuk sesuai ketentuan ISPS <em>Code</em>, dengan peran aktif <em>Port Facility Security Officer</em> (PFSO), <em>Company Security Officer</em> (CSO), dan <em>Port Security Committee</em> (PSC). Di sisi operasional, kegiatan pemeriksaan dokumen, pemeriksaan individu dan barang, serta pelaksanaan drill telah dilaksanakan, namun evaluasi pasca latihan belum maksimal. Sarana pendukung seperti CCTV, X-ray, dan <em>metal detector</em> telah tersedia, tetapi masih terbatas dalam jangkauan dan pemeliharaan teknis. Koordinasi antar instansi, seperti KSOP, agen kapal, dan operator pelabuhan, masih berjalan secara parsial dan belum terintegrasi sepenuhnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan ISPS <em>Code</em> di Pelabuhan Cirebon telah memenuhi aspek minimum compliance, namun memerlukan penguatan dalam pelatihan SDM, pemeliharaan sarana, dan integrasi sistem keamanan antarinstansi.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Baharihttps://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/182ANALISIS PENANGANAN DOKUMEN DAN HAMBATAN PROSES BONGKAR MUAT DI KAPAL KM CIREMAI PADA PELABUHAN SORONG2025-05-21T03:01:32+00:00Deril Cornelis Maturbongsrf9aw@dcpa.netOktovianus Cristian Karubabakodim.karubaba@gmail.comGigieh Cahya Permadycgigieh@gmail.comRyan Puby Sumartarps55982@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penanganan dokumen serta hambatan dalam proses bongkar muat barang di Kapal KM Ciremai milik PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Sorong. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung selama kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dokumen seperti <em>Cargo Manifest</em>, <em>Tally Sheet</em>, <em>Outturn Report</em>, dan <em>Delivery Order</em> telah dikelola sesuai prosedur standar. Namun, beberapa kendala masih ditemukan, seperti keterlambatan input data akibat terbatasnya jumlah petugas, kurangnya pemahaman terhadap prosedur dokumentasi, serta minimnya pelatihan teknis. Selain itu, keterbatasan alat bongkar muat, pengaruh cuaca buruk, dan koordinasi antarpihak yang belum optimal turut menyebabkan keterlambatan operasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun sistem dokumentasi telah berjalan dengan baik, perbaikan dalam aspek sumber daya manusia, sarana prasarana, dan koordinasi lintas instansi masih sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan waktu tunggu kapal di pelabuhan.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Baharihttps://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/183OPTIMALISASI PERAN SAFETY OFFICER DALAM PENINGKATAN KESELAMATAN KERJA DI ATAS KM. SIRIMAU2025-05-21T03:03:56+00:00Leonardo Rafles Pranata Pardosi3o9vw@dcpa.netDodik Widarbowododikwidarbowo10@gmail.comFadel Muhammadfadel_muhammad@dephub.go.idArief Nashrul Firdaniarief_firdani@dephub.go.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran <em>safety officer</em> dalam meningkatkan keselamatan kerja di atas kapal KM. <em>Sirimau</em>. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>safety officer</em> memiliki tanggung jawab penting dalam mengawasi penggunaan APD, memberikan pelatihan keselamatan, serta memastikan pelaksanaan prosedur keselamatan kerja. Namun, pelaksanaan tugas tersebut belum berjalan optimal akibat rendahnya kesadaran kru, terbatasnya pelatihan teknis, dan lemahnya koordinasi lintas departemen. Penelitian ini menunjukkan bahwa peran safety officer dapat dioptimalkan melalui peningkatan dukungan manajemen, pelibatan aktif dalam perencanaan operasional, serta penguatan budaya keselamatan kerja yang partisipatif dan berkelanjutan.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Baharihttps://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/184OPTIMALISASI PENGGUNAAN RADAR SEBAGAI ALAT NAVIGASI DI KAPAL KM SABUK NUSANTARA 752025-05-21T03:06:52+00:00Marlon Raga Laoix4b5@dcpa.netI Komang Hedi Pramana Adiputrakomanghedi@gmail.comDwi Haryantodwiharyanto75@gmail.comFajar Gumelargumelarfajar51@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan radar sebagai alat navigasi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat optimalisasi pengoperasiannya di kapal KM Sabuk Nusantara 75. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui observasi lapangan, wawancara dengan perwira kapal, dan dokumentasi teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun radar telah digunakan sesuai prosedur dasar, efektivitasnya masih terbatas. Hambatan utama yang ditemukan meliputi kurangnya pelatihan teknis bagi perwira kapal, ketergantungan pada familiarisasi tanpa pemahaman menyeluruh, serta kendala teknis seperti kegagalan deteksi objek, malfungsi kursor, dan gangguan akibat kondisi cuaca buruk. Selain itu, pemeliharaan radar belum berjalan optimal karena lemahnya pengawasan dan tidak konsistennya pencatatan log perawatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan keselamatan pelayaran memerlukan strategi optimalisasi penggunaan radar melalui pelatihan teknis yang berkelanjutan, pengawasan perawatan yang lebih ketat, serta peningkatan pemahaman awak kapal terhadap fitur dan fungsi radar dalam berbagai kondisi pelayaran.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Baharihttps://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/185ANALISIS PENURUNAN KINERJA BOOSTER PUMP PADA SISTEM BAHAN BAKAR KAPAL2025-05-21T02:49:51+00:00Roberto Piere Manuputty0qbr5@dcpa.netCarles Yerid Absalom Nallecharlesnalle@gmail.comFilemon Filemonfilemontarigan@gmail.comRyan Puby Sumartarps55982@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab penurunan kinerja <em>booster pump</em> pada sistem bahan bakar kapal dan merumuskan strategi peningkatan keandalannya. Metode yang digunakan adalah observasi langsung serta wawancara dengan masinis dan kepala kamar mesin (KKM) untuk mengidentifikasi gangguan teknis, prosedural, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan kinerja pompa disebabkan oleh kebocoran <em>seal</em>, <em>shaft</em> bengkok, <em>overheating</em> elektromotor, serta kondisi pelayaran <em>trim by bow</em> yang memperburuk kestabilan aliran bahan bakar. Selain itu, lemahnya implementasi <em>Plant Maintenance System</em> (PMS), kurangnya pengawasan jam kerja komponen, dan minimnya pelatihan teknis juga berkontribusi terhadap tingginya frekuensi kerusakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan kinerja <em>booster pump</em> tidak hanya dipengaruhi faktor teknis, tetapi juga kelemahan sistemik pada aspek manajerial dan sumber daya manusia.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Baharihttps://ejournal.poltekpel-sorong.ac.id/index.php/jpb/article/view/186ANALISIS PENURUNAN KINERJA POMPA HYDRANT DAN STRATEGI PEMELIHARAAN SISTEM PEMADAM KEBAKARAN DI MV SJW TRANS2025-05-21T01:59:03+00:00Videl Penaonde3y97p@dcpa.netCarles Yerid Absalom Nallecharlesnalle@gmail.comAhmad Hamirachmirsmks25@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab penurunan kinerja sistem pompa <em>hydrant </em>di atas kapal MV SJW TRANS serta merumuskan strategi perbaikan berbasis data. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara dengan Kepala Kamar Mesin (KKM) dan teknisi kapal, serta analisis dokumentasi perawatan. Hasil menunjukkan bahwa penurunan performa pompa <em>hydrant</em> disebabkan oleh kerusakan <em>impeller</em>, kesalahan pemasangan, penyumbatan pipa, serta lemahnya implementasi perawatan dan pengujian rutin. Kurangnya pelatihan teknis dan rendahnya kesadaran kru terhadap sistem pemadam turut memperparah kondisi sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan prosedur pemeliharaan, dokumentasi inspeksi, dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia sangat diperlukan untuk menjamin keandalan sistem pemadam kebakaran di kapal. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi manajemen kapal dalam merancang strategi keselamatan yang lebih efisien dan berkelanjutan.</p>2025-05-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 JPB : Jurnal Patria Bahari