PEMBONGKARAN MUATAN AUSTRALIAN THERMAL COAL OLEH PT DELTA ARTHA BAHARI NUSANTARA CABANG PROBOLINGGO

Authors

  • Aditya Azis Nugroho Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Heni Dwi Iryanti Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Ivan Reyhansyah Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta
  • Thresia Tiatira Simatupang Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v3i2.100

Keywords:

pembongkaran, muatan, batu bara, australian thermal coal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembongkaran muatan australian thermal coal oleh PT Delta Artha Bahari Nusantara Cabang Probolinggo. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji proses pembongkaran mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan hingga penyelesaian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam proses pembongkaran muatan australian thermal coal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan bongkar sudah sesuai prosedur yang diterapkan oleh KSOP Kelas IV Probolinggo; (2) Persiapan segala aspek untuk menunjang kegiatan bongkar telah dilaksanakan dengan cukup baik, seperti persiapan dokumen, alat, dan buruh TKBM, berkoordinasi dengan agen dan beberapa pihak terkait; dan (3) Terdapat kendala dalam pelaksanaan bongkar, antara lain alat bongkar seperti grab yang usianya sudah tua dan rentan terjadi kerusakan pada bagian-bagian tertentu sehingga menghambat proses pembongkaran batu bara, dan standar keselamatan pada saat kegiatan bongkar juga masih kurang diperhatikan oleh para buruh, termasuk penggunaan APD seperti safety helm, rompi dan safety shoes. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengarahkan fokus pengkajian pada kinerja pembongkaran muatan dengan data dan pengamatan yang lebih mendalam.

References

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Fifth edition. Los Angeles, SAGE.

Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 88/AL 305/ Phb-85 Tentang Perusahaan Bongkar Muat.

Lahu, R.S., Andrianto, J., Murgaretha, Mukti, A. (2019). Analisis kegiatan bongkar steel coil sebelum dan sesudah kedatangan kapal pada PT Karya Abdi Luhur Jakarta. Jurnal llmiah Sekolah Tinggi llmu Maritim STIMar AMI Jakarta, Vol.1(1), hal. 121-127

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2010). Methods in educational research: from theory to practice. Jossey-Bass.

Luturmas, F.B. (2020). Prosedur Pembongkaran Batu Bara dari Tongkang ke Coal Shed di PLTU Tanjung Redeb Berau Oleh PT Adhi Guna Putera Cabang Samarinda. Jurnal Ilmiah Bidang Kemaritiman Vol 10, No 2.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 152 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang Dari dan Ke Kapal.

Puspitasari, R. (2022). Prosedur pembongkaran batu bara di terminal khusus PLTU paiton oleh PT Adhi Guna Putera Cabang Paiton Probolinggo. Karya Tulis Ilmiah. Semarang: Universitas Maritim Amni.

Rahman, N.R. (2019). Analisis Proses Pembongkaran Muatan Batu Bara di Kapal MV. Intan Baruna di PLTU Holtekamp Jayapura. Skripsi. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Nugroho, A. A., Iryanti, H. D., Reyhansyah, I., & Simatupang, T. T. (2024). PEMBONGKARAN MUATAN AUSTRALIAN THERMAL COAL OLEH PT DELTA ARTHA BAHARI NUSANTARA CABANG PROBOLINGGO. JPB : Jurnal Patria Bahari, 3(2), 1-7. https://doi.org/10.54017/jpb.v3i2.100