PENGAMBILAN RISIKO DAN PENCAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TARUNA

Authors

  • Ryan Puby Sumarta Politeknik Pelayaran Sorong
  • Yuniar Ayu Hafita Politeknik Pelayaran Sorong
  • Agus Budiarte Politeknik Tunas Garuda
  • Helidatasa Utami Politeknik Negeri Lampung
  • Zulfan Muhamad Ridha Politeknik Pelayaran Sorong

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v3i2.101

Keywords:

Pengambilan Risiko, Pencapaian, Bahasa Inggris, Taruna

Abstract

Bahasa Inggris mempunyai andil yang sangat besar dalam bidang pendidikan. Di sisi lain, pengajarannya di Indonesia belum dapat dikatakan berhasil. Banyak faktor yang mempengaruhi siswa dalam pemerolehan bahasa asing, salah satunya pengambilan risiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara tingkatan pengambilan risiko dan pencapaian pembelajaran Bahasa Inggris. Desain dari penelitian ini adalah Ex-post facto. Instrument yang digunakan penulis adalah kuesioner dan hasil pencapaian pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam hal ini peneliti memberikan angket mengenai tingkatan pengambilan risiko dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris dan mengolah data hasil pencapaian pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak ada hubungan antara kedua variabel tersebut secara signifikan. Namun, masih ada faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil pencapaian pembelajaran Bahasa Inggris taruna.

References

Abimanto, D. (2022). Bahasa Inggris dan Ekonomi Transportasi. EBISMEN: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 21-28.

Baihaqi, Y., Siagiyanto, B., & Pamungkas, R. (2020). Learning Style in Learning Pronunciation of EFL Learner: A Case Study. Premise: Journal of English Education and Applied Linguistics, 10(1), 78-93.

Bang, Y. (2000). Factors Affecting Korean Students' Risk-Taking Behavior in an EFL Classroom. Dipetik Maret 13, 2023, dari OhioLINK Electronic Theses and Dissertations Center: https://etd.ohiolink.edu/apexprod/rws_olink/r/1501/10?clear=10&p10_accession_num=osu1488190595941459

Beebe, L. M. (1983). Risk-taking and the language learner. In H. W. Selinger & M. H. Long (Eds.), Classroom oriented research in second language acquisition. Rowley, MA: Newbury House.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2021, April 6). Dipetik Mei 5, 2023, dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia: https://dephub.go.id/post/read/menhub-dorong-taruna-transportasi-miliki-kreativitas-dan-kompetensi-berbahasa-inggris

Burgucu, A., Han, T., Engin, A., & Kaya, M. (2010). Who are Our Students? Investigating Learners’ Risk Taking Ability and Achievement on Second Language Acquisition. 2nd International Symposium on Sustainable Development, (hal. 1-6). Sarajevo.

Cervantes, I. M. (2013). The Role of Risk-Taking Behavior in the Development of Speaking Skills in ESL Classrooms. Revista de Lenguas Modernas, 421-435.

Chairunnisa, Apriliaswati, R., & Rosnija, E. (2017). An Analysis on Factors Influencing Students' Low English Learning Achievement. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3), 1-10.

Durand, M. (2006). Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ellis, R. (1985). Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.

Ghonchepour, M., & Moghaddam, M. (2018). The Role of Intelligence in Learning English as a Foreign Language. Research in English Language Pedagogy, 6(1), 25-38.

brownJonassen, D., & Grabowsky, B. (1993). Handbook of Individual Differences, Learning and Instruction. Hillsdale, New Jersey Hove and London: Lawrence Erlbaum Associates.

Khasinah, S. (2014). Factors Influencing Second Language Acquisition. Englisia, 1(2), 256-269.

Kiany, G., & Pournia, Y. (2006). The Relationship between Risk-Taking and the Syntactic Complexity and Grammatical Accuracy of the Iranian Intermediate EFL Learners’ Descriptive and Expository Writing. Pazhuheshe Zabanha-ye Khareji, 27 (Special issue, English), 143-64.

Kusumaningputri, R. (2012). Risk-Taking in Foreign Language Acquisition and Learning: Confessions from EFL Learners. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 401-410.

Luft, S. D. (2007). Language Classroom Risk-Taking Behavior in a Performed. Dipetik Maret 14, 2023, dari National Council of Less Commonly Taught Languages: http://www.ncolctl.org/files/Language-classroom-risk.pdf

Majidifard, E., Shomoossi, N., & Ghourchaei, B. (2014). Risk Taking, Gender and Oral Narrative Proficiency in Persian Learners of English. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1085-1092.

Maryono, G., & Lengkanawati, N. (2022). EFL Teachers' Strategies to Accommodate Students' Learning Styles in Distance Learning and Their Challenges. Journal on English as a Foreign Language, 12(1), 159-178.

Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., et al. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: EDU Publisher.

Oxford, R. (1992). Who are our students? A synthesis of Foreign and Second Language Research on Individual Differences with Implications for Instructional Practice. TESL Canada Journal, 9(2), 30-48.

Richard, J. C., & Rodgers, T. S. (1986). Approaches and methods in language teaching: A description and analysis. Cambridge: Cambridge University Press.

Sandra, E., & Mularsih, H. (2021). The Role of Self-Efficacy in Career Decision Making Among Graduated Students from Vocational High Schools in Jakarta. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021) (hal. 1064-1068). Atlantis Press.

Santosa, R. B. (2017). Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus pada Mahasiswa . Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 87-102.

Sari, D. (2008, Juli 6). Mahasiswa Indonesia Kurang Pede Berbahasa Inggris. Dipetik Maret 13, 2023, dari Tempo.co: https://nasional.tempo.co/read/127571/mahasiswa-indonesia-kurang-pede-berbahasa-inggris

Strum, I. S. (1971). The Relationship of Creativity and Academic Risk-Taking among Fifth Graders. Dipetik Maret 13, 2023, dari ERIC: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED046212.pdf

Widharyanto, B., & Binawan, H. (2020). Learning Style and Language Learning Strategies of Students from Various Ethnics in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 480-492.

Yashima, T. (2002). Willingness to Communicate in a Second Language: The Japanese EFL Context. The Modern Language Journal, 54-66.

Zarate, M. (2022). Influential Factors Affecting Students’ English Proficiency. Journal of Positive School Psychology, 6(7), 3664-3668.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Sumarta, R. P., Hafita, Y. A., Budiarte, A., Utami, H., & Ridha, Z. M. (2024). PENGAMBILAN RISIKO DAN PENCAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TARUNA. JPB : Jurnal Patria Bahari, 3(2). https://doi.org/10.54017/jpb.v3i2.101