STRATEGI PEMANFAATAN KAPAL LATIH FRANS KAISIEPO SEBAGAI KAPAL PERINTIS UNTUK MENDUKUNG PROGRAM TOL LAUT

Authors

  • Suroyo Suroyo
  • Bernard Ferdinan Nugroho Laim Politeknik Pelayaran Sorong
  • Dimas Yosep Milanda Politeknik Pelayaran Sorong
  • Annas Aji Nurdiantoro Politeknik Pelayaran Sorong

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v3i2.112

Keywords:

Strategi, Kapal Latih, Kapal Perintis, Tol Laut

Abstract

Angkutan laut merupakan salah satu sarana yang memiliki peran penting dalam sistem transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi fisik Kapal Latih Frans Kaisiepo, menganalisis persyaratan dokumen dan sertifikat kapal sebagai kapal perintis, serta menilai kesiapan manajemen operasional Politeknik Pelayaran Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung di kapal, analisis dokumen dari KSOP Kelas I Sorong, dan data dari Politeknik Pelayaran Sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fisik kapal terjaga baik, namun terdapat kendala pada alat navigasi dan keselamatan yang sudah kadaluwarsa. Dokumen dan sertifikat kapal perlu disesuaikan agar memenuhi standar kapal penumpang. Politeknik Pelayaran Sorong belum memiliki izin operasional sebagai penyelenggara kapal niaga. Kesimpulannya, perlu perbaikan pada alat navigasi dan keselamatan, penyesuaian dokumen, serta pengurusan izin operasional agar Kapal Latih Frans Kaisiepo dapat berfungsi efektif sebagai kapal perintis sesuai program tol laut.

References

Antoni Arif Priadi. (2021). evaluasi penyelenggaraan angkutan perintis di Indonesia Tahun 2015 -2022. Https://Ojs.Balitbanghub.Dephub.Go.Id/Index.Php/Warlit/Article/View/200 4

Bappenas. (2019). Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional, 2015–2019.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (2022). Kemenhub Tingkatkan Pelayanan Angkutan Publik Kapal Perintis,Tol Laut , Kapal Ternak dan Kapal Rede di Tahun 2023.

Perhubungan, K. (2020). Transportasi Laut Pegang Peranan Strategis untuk Merajut Keberagaman Indonesia dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. Https://Dephub.Go.Id/Post/Read/Transportasi-Laut-Pegang-PerananStrategis-Untuk-Merajut-Keberagaman-Indonesia-Dan-MendorongPertumbuhanEkonomi#:~:Text=Transportasi%20laut%20selain%20menjadi%20simpul,Tra nsportasi%20Untuk%20Merajut%20Keberagaman%20Episode. https://dephub.go.id/post/read/transportasi-laut-pegang-perananstrategis-untuk-merajut-keberagaman-indonesia-dan-mendorong- 45 pertumbuhan-ekonomi#:~:text=Transportasi laut selain menjadi simpul,Transportasi Untuk Merajut Keberagaman Episode

Satria Collins, J., & Diansari, M. (2018). Connectivity Optimization through the Development of Feeder Ports for Small Islands in Indonesia. Bappenas Working Papers, 1(2), 248–263. https://doi.org/10.47266/bwp.v1i2.24

Suardi, W. (2017). Catatan kecil mengenai desain riset deskriptif kualitatif. Jurnal EKUBIS, 2(1), 1–11.

UUD RI UU RI No. 17. (2008). Pelayaran. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran, 1–205.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Suroyo, S., Laim, B. F. N. ., Milanda, D. Y. ., & Nurdiantoro, A. A. . (2024). STRATEGI PEMANFAATAN KAPAL LATIH FRANS KAISIEPO SEBAGAI KAPAL PERINTIS UNTUK MENDUKUNG PROGRAM TOL LAUT. JPB : Jurnal Patria Bahari, 3(2). https://doi.org/10.54017/jpb.v3i2.112