TINDAKAN PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN DI ATAS KAPAL GUNA MENCEGAH TERJADINYA OVER DRAFT DI MV. SELAT MAS

Authors

  • Ira Rabiah POLITEKNIK PELAYARAN SORONG

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v2i1.114

Keywords:

over draft, muatan

Abstract

Tindakan penanganan dan  pengaturan muatan diatas kapal guna mencegah terjadinya over draft kapal dibimbing oleh Semuel dan Dety.

Penanganan dan pengaturan muatan yang kurang baik akan menimbulkan over draft, hal ini terjadi saat pelaksanaan loading muatan yang tidak sesuai prosedur atau ketentuan pemuatan sesuai garis muat yang mungkin akan menimbulkan bahaya kecelakaan dan kerusakan pada waktu pelayaran akibat muatan berlebih yang disengaja oleh pihak perusahaan atau pihak crew kapal, untuk mempersingkat pengataran.

Over Draft adalah jumlah muatan berlebihan, yang mengakibatkan sarat kapal mencapai lebih tinggi/batas maksimal yang ditentukan. Over Draft di sebabakan jumlah muatan yang berlebihan, dan mengakibatkan kapal kandas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang bahaya over draft di kapal yang dapat menimbulkan kecelakaan juga kerugian dan faktor- faktor apa saja yang menyebakan terjadinya over draft di kapal. Metode penelitian yang  digunakan  berupa  metode  penelitian  kualitatif   yang   menghasilkan   data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati secara langsung berupa penyebab over draft dikapal dan faktor- faktor over draft.

References

Pengertian Muatan. (2011, April). Retrieved Mei 05, 2020, from www.maritimeworld.comweb.id: http://www.maritimeworld.web.id/2011/04/pengertianmuatan.html

Academia.edu. Academia, Chapter VI Load Line Bab VI Garis Muat NCVS Indonesia STANDAR KAPAL NON-KONVENSI BERBENDERA INDONESIA NON-CONVENTION VESSEL STANDARD INDONESIAN FLAGGED GARIS MUAT LOAD LINE. [Online] [Diakses pada tanggal 5 Mei 2020.] https://www.academia.edu/13009372/Load_Lines?auto=download.

Arwinas. (2001). Petunjuk Penanganan Kapal dan Barang di Pelabuhan. Jakarta: Herindo Ergatama.

BILLY, WIRAMARTASA (2019) Over Draft Yang Menyebabkan Kandasnya MV. Maximus 999 Di Alur Pelayaran Sungai Musi. Diploma thesis, POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG.

International Maritime Organization (IMO). IMO, International Convention on Load Lines. [Online] [Diakses pada tanggal 6 Mei 2020.] http://www.imo.org/en/About/Conventions/ListOfConventions/Pages/International-Convention-on-Load-Lines.aspx.

Isotop. (1999). Kapal dan Muatannya. Jakarta: Koperasi Karyawan BP3IP .

Kosasih, Engkos dan Soewedo, Hananto. 2007. MANAJEMEN PERUSAHAAN PELAYARAN suatu pendekatan praktis dalam bidang usaha pelayaran. Jakarta : PT rajgrafindo persada, 2007.

Maulana, Aldy (2019). OPTIMALISASI PENANGANAN MUATAN KONTAINER ON DECK DI KAPAL MV. ORIENTAL MUTIARA.

Moleong, L. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peranan Dan Tanggung Jawab Perusahaan Bongkar Muat Dalam Pengangkutan Barang Di Laut. Handayani, Meutia. 2009. 85, Medan : Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, 2009.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Rahman, N. D. (2019, Juli 31). Penanganan Muatan Peti Kemas Guna Menunjang Keselamatan kapal Selama Berlayar di MV. SINAR PRAYA. Retrieved Mei 19, 2020, from repository.pip-semarang.ac.id: http://repository.pip-semarang.ac.id/2115/2/52155635N open access.pdf

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. (2017). Penanganan dan Pengaturan Muatan. Surabaya: Politeknik Pelayaran Surabaya.

Tim PIP Semarang. reposity, BAB II - repository politeknik ilmu pelayaran semarang - PIP Semarang. [Online] [Diakses pada tanggal 19 Mei 2020.] http://repository.pip-semarang.ac.id/926/1/15.%20BAB%20II%20OK.PDF.

Undang-Undang No.17 tahun 2008. Tentang Pelayaran. [Online]

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Rabiah, I. (2024). TINDAKAN PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN DI ATAS KAPAL GUNA MENCEGAH TERJADINYA OVER DRAFT DI MV. SELAT MAS. JPB : Jurnal Patria Bahari, 2(1). https://doi.org/10.54017/jpb.v2i1.114