FUEL OIL PURIFIER UNTUK KINERJA MESIN DIESEL KAPAL

Authors

  • Aldi Rifaldi Politeknik Pelayaran Sorong
  • Carles Yerid Absalom Nalle Politeknik Pelayaran Sorong
  • Budi Riyanto Politeknik Pelayaran Sorong
  • Yuniar Ayu Hafita Politeknik Pelayaran Sorong
  • Ryan Puby Sumarta Politeknik Pelayaran Sorong

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v4i1.120

Keywords:

Fuel Oil Purifier, Mesin Diesel, Kapal

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya penggunaan fuel oil purifier dalam menjaga kualitas dan kebersihan bahan bakar sebelum digunakan oleh mesin diesel pada kapal modern. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi peran fuel oil purifier dalam mendukung kelancaran operasional mesin diesel dan mengidentifikasi tantangan terkait penggunaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemurnian bahan bakar menggunakan fuel oil purifier sangat penting untuk mencegah gangguan kinerja mesin diesel akibat kontaminasi bahan bakar. Fuel oil purifier juga membantu mencegah masalah seperti penyumbatan injektor dan rendahnya efisiensi pembakaran. Implikasi penelitian ini adalah perlunya pemeliharaan rutin dan pengawasan terhadap fuel oil purifier untuk memastikan operasional yang optimal, serta perluasan pengembangan pedoman dan pelatihan kru kapal guna meningkatkan efektivitas penggunaan teknologi ini dalam industri maritim. Penelitian ini memberikan landasan yang kuat bagi industri maritim dalam mengoptimalkan penggunaan fuel oil purifier untuk mendukung kelancaran operasional kapal secara optimal dan efisien.

References

Anantharaman, M., Islam, R., Kahn, F., Garaniya, V., & Lewarn, B. (2020). Emergency preparedness for management of main propulsion engine failure on a bulker during harsh weather at sea. Safety in Extreme Environments, 2(1), 103-111. https://doi.org/10.1007/s42797-019-00014-5

Barker, J., Cook, S., & Richards, P. (2013). Sodium contamination of diesel fuel, its interaction with fuel additives and the resultant effects on filter plugging and injector fouling. Sae International Journal of Fuels and Lubricants, 6(3), 826-838. https://doi.org/10.4271/2013-01-2687

Cuong, N. and Hung, P. (2020). An analysis of available solutions for commercial vessels to comply with imo strategy on low sulphur. Journal of International Maritime Safety Environmental Affairs and Shipping, 4(2), 40-47. https://doi.org/10.1080/25725084.2020.1784080

Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Indriyani, R. and Dwisetiono, D. (2021). Kajian kegagalan komponen dan perawatan pada sistem pelumas mesin diesel di kapal. Zona Laut Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 1-6. https://doi.org/10.20956/zl.v2i1.12884

Islam, R., Anantharaman, M., Khan, F., & Garaniya, V. (2019). Penilaian keandalan sistem bahan bakar minyak mesin penggerak utama - apa saja komponen yang rentan mengalami kegagalan? Transnav Jurnal Internasional tentang Navigasi Laut dan Keselamatan Transportasi Laut, 13(2), 415-420. https://doi.org/10.12716/1001.13.02.20

Issariyakul, T., Dalai, A., & Desai, P. (2010). Mengevaluasi ester yang berasal dari minyak sawi (sinapis alba) sebagai bahan aditif diesel yang potensial. Journal of the American Oil Chemists Society, 88(3), 391-402. https://doi.org/10.1007/s11746-010-1679-6

Jen, C. and Rauf, W. (2007). Use of cross flow fuel filtration for gas turbine engines.. https://doi.org/10.1115/gt2007-27474

Moolat, R., Mani, M., Viswanathan, A., & Mohanan, P. (2022). Sensor gelombang mikro ringkas untuk memantau penuaan minyak dan pemalsuan bahan bakar. Jurnal Internasional Teknik Berbantuan Komputer Rf dan Gelombang Mikro, 32(5). https://doi.org/10.1002/mmce.23095

Salehi, F., Morina, A., & Neville, A. (2017). The effect of soot and diesel contamination on wear and friction of engine oil pump. Tribology International, 115, 285-296. https://doi.org/10.1016/j.triboint.2017.05.041

Utomo, B. (2020). Hubungan antara konsumsi bahan bakar dengan berbagai perubahan kecepatan pada motor diesel penggerak kapal. Jurnal Rekayasa Mesin, 15(2), 163. https://doi.org/10.32497/jrm.v15i2.1957

Yaqin, R., Ziliwu, B., Demeianto, B., Siahaan, J., Musa, I., Priharanto, Y., … & Arkham, M. (2020). Edukasi perawatan motor diesel kapal nelayan desa pelintung kota dumai. Warta Pengabdian, 14(3), 200. https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i3.18492

Yaqoob, H., Teoh, Y., Jamil, M., Rasheed, T., & Sher, F. (2020). Investigasi eksperimental tentang perilaku tribologi minyak pirolisis yang berasal dari ban yang dicampur dengan bahan bakar biodiesel. Sustainability, 12(23), 9975. https://doi.org/10.3390/su12239975

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Rifaldi, A., Nalle, C. Y. A. ., Riyanto, B., Hafita, Y. A., & Sumarta, R. P. . (2024). FUEL OIL PURIFIER UNTUK KINERJA MESIN DIESEL KAPAL. JPB : Jurnal Patria Bahari, 4(1), 41-44. https://doi.org/10.54017/jpb.v4i1.120