PENERAPAN PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT PADA SAAT LIFTING DI PLATFORM UNTUK MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA DI KAPAL SV. FIONA 38

Authors

  • Al-Farabie Brian Amanta Badri POLTEKPEL SURABAYA
  • Anak Agung Istri Sri Wahyuni Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Novrico Susanto Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Siti Fatimah Politeknik Pelayaran Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v4i1.128

Keywords:

Personal Protective Equipment, Kecelakaan Kerja, Kapal

Abstract

Untuk melindungi keselamatan awak kapal, mereka harus selalu menggunakan alat pelindung diri. Personal Protective Equipment (PPE) adalah peralatan yang dirancang untuk melindungi individu dari risiko di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan PPE dalam proses Lifting di Platform, serta faktor penyebab ketidakdilaksanaan PPE di atas kapal SV. Fiona 38. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana data didapat dari hasil analisis peneliti selama melaksanakan praktik laut diatas kapal, adapun teknik pengolahan data peneliti menggunakan metode Root Cause Analysis yang akan menganalisa risiko bahaya yang dapat terjadi pada saat tidak melaksanakan penerapan personal protective equipment pada saat diatas kapal. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa upaya penerapan Personal Protective Equipment untuk mencegah kecelakaan telah dilakukan, namun belum mencapai tingkat optimal. Terdapat beberapa faktor yang berkontribusi terhadap kurangnya optimalitas penerapan ini, termasuk kurangnya pemahaman akibat kesalahan manusia serta pengaruh faktor alam seperti kondisi cuaca buruk. Sebagai hasilnya, tingkat keselamatan di kapal SV Fiona 38 belum sepenuhnya tercapai secara optimal.

References

Andrianto et.al (2023). “Studi Deskriptif Tentang Kesadaran Anak Buah Kapal Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Atas Kapal” Majalah Ilmiah Bahari Jogja Vol. 21 No. 2 Juli 2023.

Ariany, Z. et.al. (2019) “Kajian Loading-Unloading Crude Oil Dari Platform ke FSO Aberkha”. Jurnal Inovtek Polbeng, Vol. 9 No. 1 Juni 2019.

Ladesi, V.K. & Afriyanto, A. (2020) “Analisis Produktivitas Waktu Bongkar Steel Product Antara Ship Crane Dan Gantry Lifting Crane (Glc) Pada Mv. Vtc Phoenix (Pt. Daisy Mutiara Samudra)”. Jurnal Logistik Vol. XIII No. 02 November 2020.

Lestari, E.G.T. et.al (2020) “Analisis Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Aak Buah Kapal Deck Terhadap Penggunaan Personal Protective Equipment di MV. Sendang Mas”. Jurnal Dinamika Bahari Vol. 1 No. 1 Mei 2020.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Badri, A.-F. B. A., Wahyuni, A. A. I. S., Susanto, N., & Fatimah, S. (2024). PENERAPAN PERSONAL PROTECTIVE EQUIPMENT PADA SAAT LIFTING DI PLATFORM UNTUK MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA DI KAPAL SV. FIONA 38. JPB : Jurnal Patria Bahari, 4(1), 7-16. https://doi.org/10.54017/jpb.v4i1.128