PEMANFAATAN EVERNOTE SEBAGAI MEDIA NOTE-TAKING DALAM PEMBELAJARAN READING PADA TARUNA PROGRAM STUDI NAUTIKA DI POLITEKNIK PELAYARAN SORONG

Authors

  • Lilik Yulianingsih Politeknik Pelayaran Sorong
  • Yosi Maeleona Passandaran Universitas Indraprasta PGRI
  • Sella Nofriska Sudrimo Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • I Komang Gita Purusotama Politeknik Pelayaran Sorong
  • Rizal Akib Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.54017/jpb.v4i2.137

Keywords:

Evernote, Media Note-Taking, Pembelajaran Reading

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan evernote sebagai media note-taking dalam pembelajaran reading mata kuliah Bahasa Inggris Maritim pada taruna Program Studi Nautika TA. 2023/2024 di Politeknik Pelayaran Sorong dan sekaligus mengetahui tanggapan mereka terhadap pemanfaatan evernote. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan panduan pemanfaatan evernote yang kemudian akan digunakan oleh taruna. Angket evaluasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui tanggapan taruna terhadap penggunaan evernote meliputi, tanggapan pada aspek pengetahuan umum, kenyamanan, efisiensi penggunaan, pencapaian tujuan, dan sikap kolaboratif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sequential explanatory design. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa 97% taruna mendapatkan pengetahuan pemanfaatan aplikasi evernote dari panduan yang diberikan, dan 92% taruna menganggap aplikasi ini efisien untuk digunakan dan memudahkan mahasiswa untuk memahami materi. Selain itu, ada 89% taruna merasa nyaman menggunakan aplikasi evernote, dan 89% taruna menilai aplikasi evernote sangat baik untuk mendukung pencapaian tujuan mereka dalam meningkatkan produktivitas kualitas belajar reading serta 100% taruna menganggap aplikasi evernote sangat membantu mereka berkolaborasi untuk berbagi catatan/tugas dan mengumpulkannya dengan efisien. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa aplikasi evernote terbukti dapat memberikan pengetahuan baru terhadap media pembelajaran berbasis digital, menciptakan kenyamanan, efisiensi penggunanya, mendukung ketercapaian tujuan, serta menumbuhkan sikap kolaboratif.

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Yulianingsih, L., Passandaran, Y. M., Sudrimo, S. N., Purusotama, I. K. . G., & Akib, R. (2024). PEMANFAATAN EVERNOTE SEBAGAI MEDIA NOTE-TAKING DALAM PEMBELAJARAN READING PADA TARUNA PROGRAM STUDI NAUTIKA DI POLITEKNIK PELAYARAN SORONG. JPB : Jurnal Patria Bahari, 4(2). https://doi.org/10.54017/jpb.v4i2.137