ANALISIS PENANGANAN SUHU GAS BUANG YANG TERLALU TINGGI PADA MESIN INDUK DI KAPAL MV. STAR SEJATI
DOI:
https://doi.org/10.54017/jpb.v4i1.125Kata Kunci:
Penanganan, Mesin Induk, Suhu Gas BuangAbstrak
Faktor utama penyebab suhu gas buang yang terlalu tinggi pada mesin induk kapal adalah kinerja pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna dan kurangnya perawatan pada katup isap serta katup buang. Pembakaran tidak sempurna mengakibatkan borosnya pemakaian bahan bakar dan menghasilkan asap hitam pada cerobong asap, yang menyebabkan kenaikan suhu gas buang. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui tinjauan kepustakaan, wawancara, dan observasi di MV. Star Sejati selama periode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah perbaikan yang diusulkan, seperti perawatan rutin dan penggantian komponen yang rusak dengan spare part baru, dapat mengatasi masalah suhu gas buang yang tinggi. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya menjaga perawatan komponen mesin secara terencana sesuai petunjuk buku panduan produsen untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan kapal. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran perawatan preventif dalam menjaga kinerja mesin induk kapal.
Referensi
Cahyadi, E. (2019). Analisis penyebab terjadinya overheating. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. http://repository.pipsemarang.ac.id/3641/2/531611206170T_SKRIPSI_OPEN_ACCESS.pdf
Rohman, M. A. (2018). Analisa penyebab tingginya suhu gas buang dual fuel diesel engine dengan metode fault tree analysis. Dinamika Bahari, 9(1), 2137–2150. https://ejurnal.pip-semarang.ac.id/index.php/jdb/article/view/82
Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-317.
Wahyudi, T. (2019). Analisis Suhu Gas Buang Yang Terlalu Tinggi Terghadap Kinerja Mesin Induk Di Kapal Mt. Matindok. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran. http://repository.stipjakarta.ac.id/handle/123456789/1046